Senin, 19 Desember 2011

Polresta Kediri Luncurkan Mobil Anti Penjahat

Kepolisian Resor Kediri Kota menerima bantuan lima unit mobil dari Mabes Polri. Mobil jenis sedan berkapasitas 2.000 cc ini diklaim mampu bergerak cepat memburu pejahat jalanan.

Mobil Mitsubishi tersebut memiliki sejumlah kelengkapan teknologi. Di antaranya dukungan alat komunikasi dan pelacak satelit atau General Packet Radio Service (GPRS). "Meski besar, mobil ini mampu bergerak hingga 240 kilometer per jam," kata Kepala Polresta Kediri Ajun Komisaris Besar Polisi Ratno Kuncoro, Senin, 28 November 2011.

Mobil akan diserahkan kepada tiga kepolisian sektor (polsek) di wilayah Kediri Kota dan daerah rawan di sepanjang jalan. Dengan bantuan mobil tersebut jumlah armada patroli yang dimiliki masing-masing polsek menjadi dua unit. Sebelumnya setiap polsek memiliki satu unit mobil Mitsubishi Kuda.

Dalam peluncuran mobil baru di halaman Polresta Kediri, Ratno meminta anggotanya lebih rajin berpatroli. Dengan kelengkapan GPRS, Ratno bisa memantau pergerakan kendaraan setiap saat. "Jangan malah sering parkir di markas," ujarnya.

Kepala Sub-Bagian Humas Polresta Kediri, Ajun Komisaris Polisi Surono, mengatakan mobil akan selalu berada di jalanan sebagai unit reaksi cepat. Setiap laporan kejahatan akan langsung direspons petugas dengan cepat. "Dengan mobil ini anggota polisi bisa lebih cepat ke lokasi kejahatan," tutur dia.

Dengan adanya mobil tersebut diharapkan kegiatan balapan liar sepeda motor di sejumlah ruas jalan bisa diatasi. Sebab polisi dipastikan bisa mengejar para pembalap yang selama ini meresahkan warga kota.

Kepolisian Kediri juga akan menambah pemasangan circuit closed televition (CCTV) di ruas jalan. CCTV tersebut terkoneksi langsung markas komando operasional di Polresta. Pemasangan CCTV bekerja sama dengan Dinas Perhubungan Kota Kediri untuk memantau kondisi jalan raya. Sistem ini nantinya juga akan terkoneksi dengan Mabes Polri di Jakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar